[REVIEW BUKU] ROMA A Love Story By Pia Devina





Judul: ROMA
Penulis: Pia Devina
Penerbit: Grasindo
Editor: Cicilia Prima
Cetakan 1: Agustus 2016
ISBN: 978-602-375-653-7
Myrate: 3.8/5
Tebal: iii+194




BLURB
 

Chaelinda Noemi.

Sejak awal, aku tidak yakin bisa merestui pernikahan mama dan Terenzio Lambardi, seorang pria berkebangsaan Italia. Tapi, demi kebahagiaan mama, haruskah aku tetap bersikap egois? Aku ingin mama bahagia. Mengiyakan rencana pernikahan yang akan berlangsung di Roma­­ dan mau tidak mau membawaku serta ke Kota Abadi itu.


Maurizio Folliero.

Sejak awal, gadis itu tidak tampak menyenangkan. Dingin dan menjaga jarak. Sialnya, aku memerlukan bantuannya untuk membebaskanku dari hukuman yang diberikan orangtuaku. Yang benar saja, aku kan bukan anak kecil lagi. Bersama dengannya ke Ostia Lido, memulai segalanya. Ternyata gadis itu memerlukan pertolongan.


Ryan Watkins.

Sejak awal, gadis itu terlihat murung. Kakinya terluka karena menubruk tubuhku. Aku ingin menolongnya. Bukan hanya karena kakinya yang terkilir, tapi karena mendung yang membayangi wajahnya. 

***
“Kalau perempuan marah, mereka bisa bertindak gila daripada laki-laki. Jangan lupakan itu.” Hal. 75

Menjadi anak yang protective terhadap orangtua apalagi terhadap ibu itu wajar kan? Apa yang dialami oleh Chal serupa dengan ini. Menyaksikan pernikahan ibunya yang gagal untuk kedua kali tentu menyisakan kepedihan di hati Chal. Yang diinginkan Chal hanya ingin melihat ibunya bahagia.

Memiliki keluarga yang tidak utuh sejak perceraian orangtua Chal, namun untuk urusan kasih sayang, Chal tidak kekurangan. Hanya saja, masalah kemudian muncul saat Ibu Chal, Ermina meminta Chal merestui hubungan mereka. Pria berkebangsaan Italia. Akankah Chal menyetujui pernikahan ibunya, sementara sesuatu telah membuat keraguan dan kecurigaan Chal bertambah?

Kisah cinta pun terjalin saat Chal hendak menelusuri seluk-beluk calon suami ibunya. Di Roma, di kota abadi itu, Chal bertemu dengan Maurizio. Seperti apa perjalanan mereka yang sama-sama mencari jalan keluar akan permasalahan masing-masing?

***
Buku Roma merupakan karya Pia Devina yang pertama kali kubaca. Senang sekali bisa berkenalan dengan penulis melalui karya-karyanya. Di buku ini, readers akan menyelami keindahan kota Roma. Saat membacanya aku sangat menikmati suguhan kota Roma yang begitu eksotis. 

Membaca novel serial love city itu memang mengasyikkan yah readers, selain menyelami setiap sudut kota, kita juga akan terbawa oleh setiap kisah di buku ini.

Sebagai seorang ibu, tentu prioritas anak menjadi utama. Begitupun Ermina. Profesi sebagai penulis dan jatuh cinta dengan pria berkebangsaan Italia. Di bagian ini, penulis cukup teliti meninggalkan kepingan teka-teki untuk konflik yang terjadi di Roma. Well, aku deg-degan dan mengira-ngira saat membaca bagian ini. Mungkinkah pria berkebangsaan Italia itu sesuai dugaan Chal? 

Untuk kisah asmara Chal sendiri aku senyam-senyum saat membacanya. Chal yang terkesan dingin, dan Maurizio yang cuek tapi peduli. Kehadiran Ryan Watkints sebenarnya menambah daya tarik akan kisah Chal, hanya saja penulis kurang memberikan detail terhadap Ryan, seakan berlalu saja. Padahal, jika bagian Ryan lebih detail mungkin aku akan bingung, milih Maurizio apa Ryan yah? Hihihi

“Aku bisa tahu kapan kau berbohong dan kapan tidak. Hebat, bukan?” Hal. 161

Sudut pandang yang digunakan bergantian antara Chal dan Maurizio. Belakangan ini aku banyak membaca yang kebetulan menggunakan sudut pandang seperti ini. Rasanya berbeda ketimbang menggunakan sudut pandang lain. Readers akan mengetahui perasaan dan pemikiran kedua tokoh secara bergantian. 

Saran untuk penulis, sebisa mungkin diperbanyak lagi bahasa Inggris atau bahasa Italianya di buku ini. Pasti bakal keren dan cool gitu. Hihi Itung-itung nambah knowledge bahasa dikit selain suguhan kota Roma yang memiliki colosseum yang historis banget. 

Afterall, I love this book. For romance lover, young and adult, I recommend this book to you.

Happy reading :) 

0 komentar:

Posting Komentar

Member of Stiletto Book Club

Komunitas Blogger Makassar

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri

Member of Warung Blogger

Warung Blogger

Member of Blogger Perempuan

Member Hijab Blogger

Free "Care" Day

Free "Care" Day